} -->

Monday 30 June 2014

Seraphina [RESENSI]

Judul : Seraphina
Penulis : Rachel Hartman
Penerjemah : Poppy D. Chusfani
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama (GPU)
Sampul : Softcover
Desain Sampul : Martin Dima
Harga : Rp 85.000
Jumlah Halaman : 544 Halaman
Genre : Fantasi


Kisah ini adalah kisah fantastis yang membawa pembaca ke dunia yang dipenuhi konflik dan teka-teki. jika anda orang yang tak sabaran, saya sarankan mulailah belajar bersabar saat membaca buku ini. Karena anda akan dihadapkan dengan begitu banyak tanda tanya serta alur yang lambat. Saking hebatnya cara penulis menyembunyikan fakta dari awal, sangat sulit menceritakan bagaimana isi buku ini tanpa spoiler. Saya sendiri mengaku banyak dikejutkan dengan fakta-fakta dalam kisah seru nan menarik ini.

Hidup ditengah perdamaian antara naga dan manusia, Seraphina Dombegh adalah seorang yang sangat ‘berbeda’. Dia memiliki keinginan yang kuat terhadap dunia musik. Sayangnya ayahnya bersikeras melarangnya menggeluti dunia itu, dengan alasan dia tak ingin Seraphina dikenal banyak orang. Dengan pertentangan yang sama sekali tak ia mengerti sebelumnya, Seraphina tak peduli apa yang akan terjadi selanjutnya. Alhasil, ia sukses menjadi musisi istana. Tapi hal itu justru membuatnya terjerumus dalah urusan yang lebih besar. Ditambah perasaannya pada pangeran yang telah bertunangan dengan sang putri, serta keterlibatannya dalam urusan yang menyangkut urusan naga. Sungguh kisah fantasi yang luar biasa.

Dalam buku ini, kesan fantasy, romance, music, agama dan politik berpadu dengan sangat baik. Detail setiap kejadiannya pun jelas. Sedangkan untuk aliran cerita sangan lambat di awal-awal buku. Namun setelah beberapa bab berikutnya, konflik dan keruwetan yang mengasyikan mengalir begitu cepat. Hal inilah yang istimewa, jalan ceritanya memiliki daya tarik tersendiri.  Mungkin untuk anda yang kurang sabar akan menganggap buku ini.

Dengan berjuta kelebihan buku ini, yang saya keluhkan hanyalah istilah-istilah yang sulit dimengerti, apalagi untuk orang yang awam dalam dunia musik. Beruntungnya, penulis menyediakan glosarium di bagian belakang buku, dan itu cukup merepotkan. Ditambah kurang lengkapnya isi glosarium, itu sangat menyusahkan bagi orang seperti saya yang tidak mengenal dunia per-musik-an.

Tapi, overall buku ini layak masuk koleksi anda. Selain itu, kualitas cetakannya memadai. Desain sampulnya pun saya nilai cukup bagus. Pada awalnya para pembaca memang akan kebingungan apa hubungannya cover dengan kisah ini, dua naga bertarung di udara. Tapi di akhir cerita pembaca akan mengetahuinya.

Untuk para readers sekalian, jangan lupa tinggalkan komentar dan review anda juga, ya!

No comments:

Post a Comment