} -->

Tuesday 25 March 2014

Si Pembangkang [PUISI RELIGI]


 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!
God Evening Semua!
Semoga sobat semua dalam keadaan sehat wal afiat selalu. Tak lupa saya ucapkan terimakasihnya untuk para sobat pembaca yang sudah mau mampir ke blog saya yang sederhana ini dan saya ucapkan terimakasih juga bagi siapa saja yang mau berkomentar, berkritik saran, dan membagikan post ini. Pada post kali ini saya akan membagikan lagi sebuah puisi pendek bertema religi beserta sedikit penjelasan mengenai puisi tersebut. Simak kelanjutannya di tulisan di bawah ini!



Si Pembangkang
Oleh Reja Marjana

Apa dulu ia cantik? Ya!
Apa dulu ia menawan? Ya!
Apa dulu ia dekat dengan-Nya? Ya!
Apa dulu ia tinggal di surga-Nya? Ya!


Bagaimanakah ia sekarang?
Buruk rupa, menakutkan, musuh nyata -Nya, dan ahli neraka
Sebegitukah ia sekarang?
Ya! dan ia terkutuk lagi hina!


Mengapa begitu halnya?
Karena ia langgar perintah-Nya
Lalu ia kehilangan keindahannya
Karena ia sombong dan pembangkang
Maka sampailah laknat baginya


Dibuat :
Tasikmalaya, 22 Maret 2014

Ok! Mungkin kalian tau siapakah "ia" yang saya ceritakan dalam puisi diatas? Ialah iblis. Sosok yang melanggar perintah sang tuhan untuk bersujud pada adam. Sosok pembangkang dan angkuh.
Diceritakan dalam bait pertama mengenai keadaan iblis dahulu. Ia adalah makhluk cantik berparas menawan dan makhluk yang paling dekat dengan Tuhan di surga-Nya.
Lalu di bait yang kedua diceritakan juga mengenai keadaannya saat ini. Paras cantiknya hilang menjadi buruk rupa. Kesan menawannya hancur menjadi menakutkan. Pangkat kedekatannya dengan tuhan berubah menjadi musuh tuhan. Dan bagaimana dia keluar dari surga menjadi ahli neraka.
Mengapa hal itu bisa terjadi? alasan singkatnya ditulis dalam bait ketiga. Iblis seperti itu karena ia melanggar perintah Tuhan yakni untuk bersujud kepada adam. Iblis seperti itu karena dia takabur dan merasa lebih baik dari pada adam sehingga ia membangkangnya. dan dikatakan juga bahwa iblis mendapat laknat dari Allah.

No comments:

Post a Comment